Kamis, 20 Agustus 2009

KONSULTASI

HTML clipboardKONSULTASI

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

AQUA TERAPI

HTML clipboardAQUA TERAPI

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

TERAPI PERILAKU


HTML clipboardTERAPI PERILAKU

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

SENSOR INTEGRASI


HTML clipboardSENSOR INTEGRASI

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

TERAPI OKUPASI


HTML clipboardTERAPI OKUPASI

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

SENI TARI

HTML clipboardSeni tari

Suatu program pendidikan ketrampilan seni tari bagi anak dengan kurikulum yang terstruktur dan berjenjang.

Program kegiatan ini juga untuk anak reguler dan anak berkebutuhan khusus. Seni rupa juga sebagai kegiatan penunjang RHS yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan bakat dan minat anak.

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan
HTML clipboard

SENI MUSIK


HTML clipboardSeni musik

Suatu program pendidikan ketrampilan seni musik bagi anak dengan kurikulum yang terstruktur dan berjenjang.

Program kegiatan ini juga untuk anak reguler dan anak berkebutuhan khusus. Seni Musik juga sebagai kegiatan penunjang RHS yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan bakat dan minat anak.

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

ENGLISH COURSE

HTML clipboardEnglish Course

Suatu program pendidikan ketrampilan Bahasa Inggris bagi anak dengan kurikulum yang terstruktur dan berjenjang.

Program kegiatan ini juga untuk anak reguler dan anak berkebutuhan khusus. English Course juga sebagai kegiatan penunjang RHS yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan bakat dan minat anak.

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

COMPUTER FOR KIDS


HTML clipboardComputer for Kids :

Suatu program pendidikan ketrampilan komputer bagi anak dengan kurikulum yang terstruktur dan berjenjang.

Program kegiatan ini juga untuk anak reguler dan anak berkebutuhan khusus. Computer for Kids juga sebagai kegiatan penunjang RHS yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan bakat dan minat anak.

Midi home schooling yaitu proses kegiatan pendidikan yang bersifat homy bagi anak-anak usia sekolah dengan jenjang pendidikan SD sampai SMA dengan muatan kurikulum dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Program ini bertujuan membantu anak-anak usia sekolah untuk membantu proses kegiatan belajar di luar jam sekolah mereka.

Cara mengikuti yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

MIDI HOME SCHOOLING

HTML clipboardApa itu special needs home schooling?

Midi home schooling yaitu proses kegiatan pendidikan yang bersifat homy bagi anak-anak usia sekolah dengan jenjang pendidikan SD sampai SMA dengan muatan kurikulum dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Program ini bertujuan membantu anak-anak usia sekolah untuk membantu proses kegiatan belajar di luar jam sekolah mereka.

Apa yang keunggulan midi home schooling?

  • Anak dibantu mengulang dan memperdalam materi pelajaran yang telah diajarkan di sekolah
  • Materi yang dipelajari disesuaikan dengan kebutuhan anak

Cara mengikuti midi home schooling yaitu :

  • Mengikuti program per kedatangan dengan jadwal menyesuaikan
  • Mengikuti program paket dengan jadwal yang ditetapkan

SPECIAL NEEDS HOME SCHOOLING

HTML clipboardApa itu special needs home schooling?

Special needs home schooling yaitu proses kegiatan pendidikan yang bersifat homy bagi anak-anak berkebutuhan khusus dengan muatan kurikulum dan program yang sesuai dengan kompetensi individu.

Apa yang didapat di Reguler home schooling?

  • Kegiatan : meliputi kegiatan indoor dan outdoor, yang disesuaikan dengan tema belajar. tema belajar dibuat berkesinambungan sehingga anak memperoleh kesempatan belajar tuntas dalam setiap jenjang.
  • Pembelajaran berdasarkan metode active learning, quantum teaching, multi media dan praktek yang ditunjang dengan sarana laboratorium sains, sarana terapi dan konsultasi. Kurikulum yang digunakan berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan oleh BSNP. Penyusunan kurikulum didasarkan pada kompetensi dan kareakteristik anak, sehingga dapat merangsang berkembangnya bakat dan minat anak.
  • Jenjang home schooling dari para sekolah hingga sekolah menengah atas.

REGULER HOME SCHOOLING

HTML clipboardApa itu reguler home schooling?

Reguler home schooling yaitu proses kegiatan pendidikan yang bersifat homy bagi anak-anak usia sekolah dengan muatan kurikulum dan program sesuai dengan kompetensi individu.

Apa yang didapat di Reguler home schooling?

  • Kegiatan : meliputi kegiatan indoor dan outdoor, yang disesuaikan dengan tema belajar. tema belajar dibuat berkesinambungan sehingga anak memperoleh kesempatan belajar tuntas dalam setiap jenjang.
  • Pembelajaran berdasarkan metode active learning, quantum teaching, multi media dan praktek yang ditunjang dengan sarana laboratorium sains. Kurikulum yang digunakan berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan oleh BSNP. Penyusunan kurikulum didasarkan pada kompetensi dan kareakteristik anak, sehingga dapat merangsang berkembangnya bakat dan minat anak.
  • Jenjang home schooling dari para sekolah hingga sekolah menengah atas.

VISI,MISI DAN MOTTO

MISI
HTML clipboard

· Menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dan berwawasan luas dalam ilmu pengetahuan.

HTML clipboard

· Menjadi lembaga yang kompeten dalam menangani pendidikan dan perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus.


VISI


HTML clipboard

1HTML clipboard. Mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan spesifikasi bakat dan minat yang dimilikinya, melalui sistem pengajaran inklusif yang kreatif dan menyenangkan..

HTML clipboar

2. Membangun kemandirian anak-anak berkebutuhan khusus agar dapat berkarya sesuai dengan talenta yang dimilikinya.HTML clipboardMembangun komunitas keluarga


3. anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki wawasan terbuka serta memiliki motivasi dan empati yang tinggi.


MOTTO

HTML clipboard

Dengan kasih meraih masa depan cerah”

”Exploring talents and interest”




SEJARAH YAM

Yayasan Anak Mandiri atau dikenal dengan singkatan ”YAM” didirikan atas dasar empati dan perhatian yang besar dari sebuah keluarga individu sindroma autistik terhadap perkembangan dan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus. Dengan didasari pengalaman yang diperoleh oleh keluarga ini dalam mendidik dan mengembangkan potensi putra tunggal mereka yang autistik, mereka ingin membagikan pengalaman ini serta membantu keluarga lain yang membutuhkan. Untuk itu, keluarga ini dengan didukung oleh keluarga besar berniat memfasilitasi semua yang diperlukan dalam menunjang tumbuh kembang dan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus.

YAM adalah yayasan sosial non profit yang bergerak dalam bidang pendidikan dan tumbuh kembang anak. Setiap anak adalah pribadi yang unik, tidak dapat digeneralisasi. Masing-masing memiliki potensi, bakat, minat dan talenta yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dengan mengacu pada prinsip ini maka YAM didesain secara spesifik dan unik dengan menggabungkan unsur pembinaan bakat & minat (dalam bentuk sanggar) serta tumbuh kembang anak (dalam bentuk terapi multi terapan) ke dalam pendidikan anak secara individualistis. Pendidikan yang diberikan bersifat khusus dengan mengadopsi konsep home schooling yang hommy namun sistematik, di mana kurikulum disusun dengan pendekatan individual sesuai dengan potensi masing-masing anak.

Atas berkat Allah Yang Maha Kuasa maka YAM diresmikan pada tanggal 31 Agustus 2008 dengan menggelar lomba mewarnai tingkat kota Serang-Cilegon bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Dan YAM dibuka untuk umum pada tanggal 1 September 2008 bertepatan dengan hari ulang tahun putra tunggal keluarga pendiri YAM. Selanjutnya tanggal 1 September akan dikenang sebagai HUT YAM.

Bagi Propinsi Banten, keberadaan YAM merupakan terobosan baru bagi dunia pendidikan dan tumbuh kembang anak. Sebagai pelopor penerapan home schooling di Propinsi Banten, diharapkan YAM dapat menjadi ujung tombak keberhasilan sistem pendidikan ini baik bagi anak reguler pada umumnya maupun anak berkebutuhan khusus.


WE FOTO


SENI MUSIK BIOLA

Rabu, 12 Agustus 2009

LATAR BELAKANG DAN TUJUAN

LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok dalam perkembangan setiap individu untuk memperoleh peningkatan kualitas hidup sebagai manusia yang seutuhnya. Kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada pola pendidikan yang berkembang pada bangsa tersebut sebagai dasar pembentuk karakteristiknya. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki individu-individu yang mampu menerapkan sikap hidup yang disiplin, tangguh, mandiri dan kreatif sebagai hasil dari proses pendidikan yang berkesinambungan.
Setiap individu memiliki keberagaman karakter sesuai dengan latar belakang yang dimilikinya (budaya, kondisi fisik, psikologis dan lingkungan), sehingga diperlukan suatu system pendidikan yang menyeluruh dan berkesinambungan guna meningkatkan semua potensi kecerdasan. Keberagaman dan keunikan individu memunculkan beragam teori pendidikan dan metode belajar, yang bertujuan untuk mengembangkan system pendidikan agar dapat melayani beragamnya karakteristik individu.
Belajar merupakan proses dimana suatu aktivitas berasal atau berubah melalui reaksi pada situasi yang ditemui, asalkan ciri perubahan aktivitasnya tidak dapat dijelaskan sebagai kecenderungan respon dasar, kematangan, atau proses tubuh organisma yang bersifat sementara. Hal-hal pokok berkenaan dengan belajar:
a. membawa perubahan
b. adanya kecakapan baru
c. adanya usaha
Proses belajar setiap individu berbeda, tergantung pada karakter yang dimilikinya. Banyak bukti yang menunjukkan kegiatan belajar yang menyenangkan dapat menghasilkan hasil belajar yang maksimal, karena system limbic pada otak mudah terbuka pada kondisi individu yang senang sehingga informasi mudah diterima.
Anak adalah mutiara kehidupan dan juga sebagai sumber investasi dalam kehidupan orang tua. Segala daya upaya akan dilakukan oleh setiap orang tua untuk mendidik dan membimbing anaknya agar menjadi manusia yang unggul di generasinya. Anak mewakili generasi dari suatu kaum yang setiap generasi memiliki tantangan yang berbeda. Pendidikan anak menjadi masalah penting dalam langkah mempersiapkan satu generasi. Pendidikan yang mereka terima bukan berawal dari saat mereka masuk sekolah tetapi sejak dari kandungan ibu. Anak sebagai paduan individu yang berbeda akan menghasilkan individu yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Dia akan belajar dengan sendirinya atau menerima pelajaran dari individu lain termasuk lingkungannya.
Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk pola pikir anak. Menerapkan konsep yang baik dan benar sejak awal akan membuat mereka tahu siapa dirinya, apa tugas dan kewajiban akan keberadaannya. Pengenalan diri harus dikenalkan sejak dini sehingga mereka menjadi generasi yang mandiri dan mampu menentukan arah dan tujuan hidupnya.
Tantangan kehidupan bagi generasi yang akan datang lebih berat dan beragam di bandingkan dengan generasi sebelumnya. Faktor lingkungan sangat berpengaruh besar pada perkembangan individu, mengingat demikian pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi di segala bidang. Mempersiapkan pendidikan anak memerlukan perencanaan yang matang dari orang tua sehingga anak dapat berkembang optimal dan menjadi individu dengan kualitas hidup yang baik.
Pesatnya penambahan dan perkembangan satuan pendidikan juga diiringi pesatnya perubahan pada lingkungan sekitar anak, terkadang sekolah yang seharusnya sebagai satu kesatuan yang utuh dari lingkungan disekitarnya seringkali tidak dapat menjembatani hubungan anak dengan sekian lingkungan yang berbeda. Seringkali sekolah sebagai lembaga pendidikan tidak dapat mewadahi keberagaman dan keunikan anak sebagai individu, sehingga memunculkan suatu paradigma penyeragaman kemampuan dan potensi anak. Hal tersebut banyak dirasakan sebagai hambatan perkembangan dan potensi anak, sehingga anak merasa tidak nyaman dan sulit beradaptasi dalam proses belajarnya karena keunikan yang dimilikinya.
Hambatan pendidikan formal sangat dirasakan oleh beberapa anak yang memilki keunikan dan kebutuhan khusus dalam layanan pendidikannya, sehingga potensi anak tidak dapat berkembang optimal. Hal tersebut menimbulkan dorongan pada sebagian orang tua untuk memfasilitasi proses belajar mereka dengan menyediakan fasilitas pendidikan dan pembelajaran individual di rumah. Dengan harapan orang tua dapat mendesain rencana pendidikan anak dengan leluasa dan disesuaikan dengan kemampuan, bakat, minat dan potensi yang dimiliki.
Dalam penyelenggaraan pendidikan dibutuhkan satu penanganan yang utuh dan menyeluruh dengan berbagai fasilitas yang mampu mendorong anak dalam mengembangkan potensi dirinya dan membuat anak terampil dalam menjalani kehidupannya. Aspek perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik tetap diperhatikan dan menjadi penilaian yang menyeluruh dengan tingkat keberhasilan yang terukur. Dalam penyelenggaraan pendidikan individual ini peran orang tua sangat penting sebagai manajer yang mengatur semua proses pendidikan anaknya, berbeda dengan orang tua yang menitipkan proses pendidikan anaknya di sekolah. Dengan demikian tugas orang tua yang menyelenggarakan pendidikan individual sangat berat bila tidak diiringi kerjasama dengan lembaga pendidikan lain yang mampu menyediakan fasilitas belajar yang sesuai dengan karakteristik anak.
Yayasan Anak Mandiri memandang permasalahan pendidikan individual anak perlu dijembatani dengan menyediakan penyelenggaraan pendidikan individual yang utuh dan menyeluruh sesuai dengan potensi dan kebutuhan anak. Penyelenggaraan pendidikan individual di Yayasan Anak Mandiri juga menerima anak berkebutuhan khusus, dengan layanan pendidikan yang melibatkan peran serta orang tua, guru, psikolog, dokter anak, terapis, sanggar kerja dalam merencanakan dan melaksanakan program pendidikan anak. Selain itu dalam upaya meningkatkan peran anak sebagai makhluk sosial, Yayasan Anak Mandiri juga bekerja sama dengan sekolah untuk membantu proses interaksi sosial anak dan keikutsertasaan anak dalam uji kompetensi sesuai dengan standar kompetensi yang ditentukan oleh pemerintah.

TUJUAN

• Memberikan layanan akses pendidikan bagi semua anak sesuai dengan potensi kecerdasan yang dimiliki, agar dapat tumbuh dan berkembang secara layak demi tuntasnya wajib belajar.
• Meningkatkan keterampilan dan kecerdasan anak dari kelompok masyarakat anak berkebutuhan khusus secara integratif sesuai dengan potensi dan bakat anak.
• Membentuk anak agar menjadi individu mandiri dan terampil sehingga mampu meningkatkan kualitas hidupnya.

PROFILE YAYASAN ANAK MANDIRI

Cari Blog Ini

links

About This Blog

links

links

About This Blog

Pengikut: IKUTI BLOG INI UNTUK TAU INFORMASI TERBARU HOME SHOOLING YAM

Blogger templates made by AllBlogTools.com

Back to TOP